Home » » Tips Memilih Seminar Atau Training NLP

Tips Memilih Seminar Atau Training NLP

TIPS MEMILIH SEMINAR ATAU TRAINING NLP

Berikut tip untuk memilih seminar atau program training NLP
  1. Yakinkan dahulu siapa Trainer yang membawakan seminar tersebut. Anda akan menemukan berbagai kemungkinan seperti Trainernya punya latar belakang Trainer berlisensi atau bersertifikat dari lembaga atau badan NLP tertentu. Sangat penting untuk menjamin diri dengan kualitas sang Trainer. Cek badan yang diklaim oleh sang Trainer di internet.
  2. Setiap Trainer mempunyai gaya delivery unik dan variasi pengalaman unik pula. Kalau punya daya investasi yang cukup, silahkan lakukan window-shopping atau ikuti seminar dari berbagai Trainer untuk temukan Trainer yang Anda sukai dan/atau cocok dengan akal Anda. Ingat, di NLP tidak ada Trainer NLP terbaik, yang ada hanyalah Trainer NLP yang terbaik menurut masing-masing orang. Seperti halnya dokter, penata rambut, pengacara, dll, Trainer NLP pun bisa menyangkut 'cocok-cocokan'.
  3. Kalau budget adalah pertimbangan, mulailah dengan seminar-seminar singkat 1/2-1 hari oleh Trainer berlisensi. Walaupun seminar tersebut mungkin bukan seminar penjelasan apa itu NLP, tapi dengan belajar di kelas seorang Trainer NLP berlisensi resmi, Anda bisa memahami NLP dari cara sang Trainer berpikir, berkata-kata, bersikap, dan merespon situasi. Anda bisa belajar dari mengamati bagaimana seorang Trainer NLP bersikap.
  4. Kalau budget bukan masalah, pelatihan Praktisi NLP adalah pilihan yang sangat direkomendasikan. Karena di pelatihan ini, Anda akan belajar NLP dari A sampai Z, dalam bimbingan dan arahan Trainer berlisensi resmi.
  5. Apabila seminar tersebut adalah seminar aplikasi NLP, misalnya untuk motivasi, penjualan, pengembangan diri umum, kepemimpinan, komunikasi, dll, Anda sangat mungkin akan menemukan Trainer yang bukan Trainer NLP berlisensi, tapi Praktisi atau Master Praktisi NLP. Kepada mereka pun Anda masih sangat bisa belajar banyak. Yang harus jadi perhatian dalam memilih Trainer dalam seminar seperti ini antara lain:
    - Hasil yang telah mereka capai dengan aplikasi NLP
    - Jangka waktu pengalaman aplikasi NLP
    Jangan pernah tertipu dengan seberapa banyak yang mereka tahu dan bisa jelaskan. NLP bukan sekumpulan teori. Mereka yang telah memperoleh hasil dari pengalamanlah yang lebih bisa menjelaskan dengan lebih baik. 
  6. Kalau yang Anda cari hanyalah variasi pengetahuan dan pemahaman mengenai NLP, maka kedua hal di atas tidak jadi masalah. Tapi kalau Anda ingin memahami dengan baik esensi NLP, maka selektiflah. Pengalaman kami dengan peserta adalah sangat banyak peserta yang terkejut dengan perbedaan apa yang telah mereka pelajari dari seminar para Trainer sebelumnya dengan yang dipelajari dari kelas kami. Terutama, saat mereka tahu apa yang sebenarnya ingin diajarkan oleh Dr.Richard Bandler, sebagai sang pencipta NLP sendiri.
  7. Jangan pernah tertipu oleh janji-janji sang Trainer dengan berbagai kalimat seperti: Anda akan bisa ini, bisa itu, dalam waktu singkat, dll. Pengalaman kami sendiri bahwa setiap peserta punya jangka waktu pemahaman dan penguasaan yang berbeda-beda, semahir apapun Sang Trainer. Semakin ia tidak menjanjikan, dan semakin ia tidak mengklaim diri sebagai yang terbaik dalam ini-itu, semakin Anda justru lebih tenang akan kualitasnya. Seorang Trainer berkualitas tidak perlu menjanjikan Anda macam-macam.
  8. Jangan pernah tergoda oleh singkatnya seminar dan apalagi murahnya investasi. Pembelajaran NLP memang tidak butuh waktu lama, tapi juga tidak bisa dipelajari dalam waktu terlalu singkat, apalagi apabila ada janji bisa menguasai begitu banyak prinsip dan teknik dalam 1-2 hari misalnya. Pengalaman kami, dalam waktu 7 hari pun tidak semua prinsip dan teknik NLP bisa dikuasai dan dimahiri semuanya. Kalau ada program NLP yang menjanjikan Anda bisa menguasai 10-20 prinsip dan teknik NLP dalam 1-2 hari, berarti mereka coba mengatakan kepada Anda bahwa Anda akan menguasai 1 prinsip atau teknik dalam 30 menit atau 1 jam. Hati-hati, karena yang sebenarnya dimaksudkan adalah sang Trainer akan mengajarkan Anda semuanya atau akan menyebutkan semua prinsip dan teknik tersebut, tapi bukan berarti Anda akan menguasainya saat itu! Kritislah.
  9. Jangan tertipu oleh murahnya investasi seminar. Seperti berbagai hal dalam hidup ini, Anda akan temukan bahwa saat Anda membeli sesuatu yang murah, biaya yang lebih besar akan Anda keluarkan dalam jangka panjang, termasuk sebagai langkah perbaikan, melengkapi, bahkan pergantian. Ingat bahwa 'you pay peanuts, you got monkey'. Beranilah berinvestasi. NLP adalah teknologi pencapaian prestasi, dan untuk sebuah prestasi masa depan, beranilah berinvestasi.
  10. Jangan pernah tertipu oleh berbagai testimoni peserta seminar sebelumnya, karena yang bagus untuk mereka, belum tentu bagus untuk Anda. Anda yang akan memutuskan sendiri.
  11. Apabila ada seminar-seminar yang menawarkan hadiah seperti copy CD/DVD NLP dari para tokoh NLP, copy buku-buku, copy e-book berisi berbagai buku-buku NLP, atau menjualnya dengan harga murah di belakang ruang seminar, tantang segera Trainernya apa yang ia ajarkan kepada para peserta dengan tindakannya tersebut. Seorang Trainer NLP akan memperhatikan unsur EKOLOGI, dan menjual produk bajakan bukan tindakan EKOLOGI, apapun alasannya. 
  12. Seminar 'fire-walking' atau seminar motivasional belum tentu adalah seminar NLP. Tanyakan basis teknologi atau teknik yang digunakan dalam seminar tersebut sebelum mendaftar.
  13. Belajar NLP dengan FUN dan tersenyum, karena sesuai dengan rekomendasi Sang Pencipta NLP, Dr.Richard Bandler, tersenyum dan menikmatinya adalah bagian penting dalam belajar NLP :-)
INTERNET
Sarana belajar NLP yang juga murah-meriah tentu saja adalah internet. Banyak sekali sumber untuk ini, lokal maupun internasional. Semua situs provider Training atau Coaching NLP, seperti halnya NLP INDONESIA, memberikan beberapa halaman yang menjelaskan mengenai NLP dan/atau aplikasinya.
Anda bebas memilih sumbernya, termasuk dari referensi umum seperti Wikipedia, google, yahoo!, facebook, dll. Silahkan bertualang dengan penuh senyum dalam belajar NLP.

 sumber: nlpindonesia.com

0 comments:

Post a Comment

Berita Luar Negeri